Sungguh Rugi Jika Melewatkan Obyek Wisata Gunung di Jawa Barat ini

Obyek wisata gunung di jawa barat

Tempat wisata di Jawa Barat kini semakin merangkak lebih baik. Fasilitas mulai ditingkatkan, transportasi menuju tempat wisata diperbaiki dan masih banyak lagi. Hal ini untuk menarik banyak wisatawan mengunjungi Jawa Barat. Provinsi ini memiliki potensi wisata alam yang masih terjaga kealamiannya sehingga mengunjunginya akan menghilangkan penat. Khususnya deretan gunung yang berada di Jawa Barat, pemandangan yang indah tiada duanya akan ditemukan di sini. Berikut referensi obyek wisata gunung di Jawa Barat.

1. Gunung Padang

Beberapa tahun lalu gunung ini menghebohkan masyarakat Indonesia karena telah ditemukan piramida misterius. Awalnya masyarakat menganggap objek tersebut ialah sebuah candi namun 20 tahun berselang barulah diketahui bahwa objek tersebut ialah piramida yang tertimbun. Lokasinya berada di Gunung Padang Kabupaten Cianjur.

2. Gunung Papandayan

Obyek wisata gunung di Jawa Barat ini sangat cocok masuk dalam daftar tujuan. Gunung Papandayan memiliki banyak spot yang hanya dimiliki gunung ini. Seperti Tegal Alun sebuah padang edelweis terluas di Jabar, kawasan hutan mati yang dengan pemandangan unik pohon-pohon mati bekas kebakaran hutan dan lainnya. Pengunjung hanya perlu 2 jam mendaki untuk mencapai puncaknya dan bisa melakukan mendirikan tenda untuk menginap disini. Biaya yang dikeluarkan untuk semua sajian alam tersebut ialah Rp 15.000.

3. Gunung Lembu

Purwakarta memiliki gunung dengan pemandangan yang tersembunyi yaitu Gunung Lembu. Tingginya hanya 700 mdpl namun jalur daki untuk mencapai puncaknya cukup sulit dan berbahaya. Pendaki umumnya memerlukan waktu 3 jam untuk mencapai puncak. Namun susah payah tersebut dijamin terbayar dengan pemandangan menakjubkan yang terhampar yaitu Waduk Jatiluhur yang sangat eksotis. Pendaki sebaiknya mengunjungi Gunung Lembu tidak musim hujan karena track yang mencapai kemiringan 45 derajat sangat berbahaya dan landai.

4. Gunung Galunggung

Kabupaten Tasikmalaya pun tidak kalah memberikan wisata gunung yang masih sangat alami. Daerah ini pernah mengalami bencana alam gunung meletus yang cukup parah. Akibat bencana ini terbentuk kaldera di puncak Gunung Galunggung yang semakin lama terisi air hujan. Akhirnya sekarang lokasi tersebut menjadi danau hijau yang sangat eksotis. Dari spot ini pengunjung akan melihat pemandangan Kota Tasikmalaya dan asri. Untuk menikmati kealamian Gunung dengan kawah tersebut, cukup mengeluarkan biaya Rp 8.500.

5. Kawah Putih

Lokasi kawah ini sangat indah dan tidak seperti pada kawah lainnya. Berada di puncak Gunung Ciwedey Bandung Selatan, suhu di kawah bisa mencapai 8-22 derajat celcius. Suasana di Kawah Putih sangat menenangkan dengan pemandangan air kawah yang berwarna putih atau cokelat susu bahkan berubah hijau cemerlang ketika panas. Selama perjalanan mencapai puncak, pengunjung akan disuguhi perkebunan teh tua yang berbeda dengan kebun teh pada umumnya.

6. Gunung Pancar

Wisata ini cukup baru namun telah populer khususnya di kalangan anak muda. Pasalnya, pemandangan hutan pinus yang epic sangat instagramable. Ditambah pula adanya kolam pemandian yang jarang di temui di daerah lain. Lokasi yang berada di puncak Bogor Citeureup ini juga dapat melakukan banyak aktivitas seperti hiking, naik kuda, berkemah dan masih banyak lagi. Acara-acara kampus sering digelar di kawasan ini karena sangat nyaman dan cocok untuk kegiatan outdoor seperti diklat.

Aktivitas harian yang monoton dan membuat pikiran penat membutuhkan sebuah liburan alam. Keasrian yang diberikan alam akan merefresh otak dan menenangkan pikiran. Maka, tidak heran jika banyak orang mulai menggemari wisata gunung. Obyek wisata gunung di Jawa Barat sangat mumpuni untuk tempat beristirahat dari urusan dunia yang melelahkan. Selamat berlibur!